• Profil
  • Profil
  • Profil

SMK NEGERI 1 PALABUHANRATU KABUPATEN SUKABUMI

 Sejarah sekolah ini mengacu pada kebutuhan para pelaut perikanan tingkat menengah pada saat itu, maka para praktisi perikanan yang dikomandani oleh Deni Achmad Soeboer, S.Pi mengajak untuk menjawab tantangan tersebut. Tindakan pertama dengan mendirikan diklat saja yang meng-hire tempat di Stasiun Lapang Kelautan (SLK) milik IPB di jalan raya Cipatuguran. Akan tetapi dengan tingginya minat peserta yang merupakan pindahan dari sekolah perikanan swasta di wilayah sekitar Palabuhanratu serta mengantisipasi animo  masyarakat lainnya, maka terbentuklah yayasan

 “Wahana Bina Taruna” yang diketuai oleh Prof. Soekarno dan pada saat itu, tepatnya pada tanggal 03 Oktober 1996 berdirilah SPP-SUPM Bina Taruna Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Pada saat itu, SPP-SUPM Bina Taruna Palabuhanratu tersebut berada di bawah naungan Departemen Pertanian dan berafiliasi dengan SPP-SUPM Negeri Tegal Jawa Tengah.

   Pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pendidikan mengambil alih SPP-SUPM Bina Taruna Palabuhanratu tersebut dari swasta ke negeri dengan nomenklatur SMK Perikanan Laut (PL) dan pada tahun 2000 diberikan kesempatan menempati ruangan kelas milik pemda yang berada di jalan cipatuguran dekat goa lalay.

   Pada saat itu, berganti nama menjadi SMK Negeri 2 Palabuhanratu yang berafiliasi dengan SMK Negeri 1 Cibadak Sukabumi. Surat keputusan (SK) Bupati Sukabumi tentang kenegrian sekolah ini terbit pada tahun 2002. Pada SK tersebut, nama SMK Negeri 1 Palabuhanratu

berbeda dengan nama lembaga yang tertera di Surat Keputusan Bupati Kabupaten Sukabumi Nomor : 497 tahun 2002 yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Nautika Perikanan Laut (NPL) Palabuhanratu. Akan tetapi untuk lulusan tahun 2005 sudah berubah nama menjadi SMK Negeri 1 Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Pada tahun 2002 berubah status menjadi SMK Negeri dibawah Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sukabumi. Kemudian pada tahun 2017, maka SMK Negeri 1 Palabuhanratu ini berada di bawah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat seseuai dengan UU nomor 23 tahun 2014.

VISI DAN MISI SMKN 1 PALABUHANRATU

Adapun Visi SMK Negeri 1 Palabuhanratu : “Terwujudnya pusat pendidikan dan pelatihan yang menghasilkan para lulusan berahlakul karimah, berkompeten, berdisiplin, bertanggung jawab, berstandar Nasional dan Internasional serta mampu berdaya saing secara global”. 

  • Melaksanakan pendidikan dan pelatihan dalam bidang keahlian Kemaritiman untuk berbagai kelompok masyarakat yang mengacu pada IMO regulation.
  • Menghasilkan lulusan bidang keahlian Kemaritiman yang mampu bekerja di sektor menengah kemaritiman, melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan berwirausaha secara mandiri.
  • Mengembangkan iklim kegiatan belajar mengajar yang religius, berkarakter akhlak mulia dan berakar pada norma budaya bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.
  • Mengembangkan pendidikan dan pelatihan yang berwawasan mutu secara internasional/ISO, keunggulan lulusan, profesional serta berorientasi masa depan (Future Oriented).
  • Mengembangkan sistem pendidikan dan pelatihan yang berbasis ketarunaan dengan norma-norma yang bersifat adaptif, fleksibel dan berwawasan global.
  • Menyiapkan para lulusan yang berkompeten dengan sertifikasi bertaraf nasional dan internasional sesuai dengan bidang keahlian kemaritiman.
  • Melakukan sinergitas antara Hard skills and Soft skills secara prioritas sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang berwawasan ramah lingkungan dan berintegritas.
  • Mewujudkan pelayanan prima dalam upaya pemberdayaan sekolah dan masyarakat secara optimal dalam menunjang program pemerintah.

SMK Negeri 1 Palabuhanratu bertekad menerapkan Sistem Manajemen Mutu dengan mengoptimalkan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi produksi dan kewirausahaan, yang berorientasi kecakapan hidup serta menjalin kerjasama (Net Working) dengan masyarakat pelanggan, instansi terkait dan DU/DI sebagai pengguna output barang dan jasa. Menjamin Pemberdayaan sumberdaya yang ada dengan menumbuhkembangkan semangat keunggulan, mampu melakukan terobosan baru serta profesionalisme kerja agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan dan guna menjamin pencapaian tujuan tersebut, sekolah senantiasa melakukan perbaikan dan penyempurnaan yang berkesinambungan dari  Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2000 ke versi 2008 serta tunduk pada semua regulasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dan PEMDA.

SEKILAS KOMPETENSI KEAHLIAN

Jurusan atau Kompetensi keahlian: Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) merupakan turunan dari Program Keahlian; Pelayaran Kapal Penangkap Ikan merupakan jurusan yang khusus mencetak perwira menengah bidang penangkapan ikan dengan sertifikat Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan tingkat II (ANKAPIN II) yang dikeluarkan oleh Kementrian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen hubla).

Selain memperoleh ijasah SMK dari Kemediknas, para lulusan SMK Negeri 1 Palabuhanratu untuk jurusan NKPI akan memperoleh sertifikat keahlian ANKAPIN II, sertifikat profesi Basic Safety Training (BST) dan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP).

Apabila para lulusan SMK Negeri 1 Palabuhanratu mempunyai sertifikat ANKAPIN II, maka jabatan kerja yang akan dihadapi adalah sebagai perwira menengah kapal penangkap ikan mulai dari mualim III (third officer), mualim II (second officer), mualim I (first officer) hingga nakhoda (captain) pada kapal penangkap ikan. Adapun teritorial pekerjaan yang akan digeluti oleh para lulusan pemegang sertifikat ANKAPIN II dapat berada di dalam negeri maupun di luar negeri misalnya dominasi di negara Jepang, Korea, Taiwan, dan Amerika Latin.

Khusus pada jurusan atau Kompetensi keahlian: Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi) merupakan turunan dari Program Keahlian: Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan adalah jurusan yang khusus mencetak seorang tenaga menengah bidang pengolahan hasil perikanan dengan sertifikat Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Pusat Sertifikasi Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan yang merupakan turunan dari Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu & Keamanan Hasil Perikanan Jakarta.

Selain memperoleh ijasah SMK dari Kemediknas, para lulusan SMK Negeri 1 Palabuhanratu pada jurusan APHPi akan memperoleh sertifikat profesi HACCP dan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). Apabila para lulusan SMK Negeri 1 Palabuhanratu mempunyai sertifikat HACCP tersebut, maka jabatan kerja yang akan dihadapi adalah sebagai tenaga menengah bidang pengolahan ikan bisa pada jabatan Quality Control (QC). Adapun teritorial pekerjaan yang akan digeluti oleh para lulusan pemegang sertifikat HACCP dapat berada di dalam negeri maupun di luar negeri misalnya dominasi di negara Jepang dan Korea.

Pada jurusan atau Kompetensi keahlian: Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI) juga merupakan turunan dari Program Keahlian; Pelayaran Kapal Penangkap Ikan adalah jurusan yang khusus mencetak perwira menengah bidang mesin kapal penangkapan ikan dengan sertifikat Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan tingkat II (ATKAPIN II) yang dikeluarkan oleh Kementrian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen hubla).

Selain memperoleh ijasah SMK dari Kemediknas, para lulusan SMK Negeri 1 Palabuhanratu pada jurusan TKPI akan memperoleh sertifikat keahlian ATKAPIN II, sertifikat profesi Basic Safety Training (BST) dan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP).

Apabila para lulusan SMK Negeri 1 Palabuhanratu mempunyai sertifikat ATKAPIN II, maka jabatan kerja yang akan dihadapi adalah sebagai perwira menengah mesin kapal penangkap ikan mulai dari masinis III (third enginer), masinis II (second enginer), masinis I (first enginer) hingga Kepala Kamar Mesin/KKM (chief enginer) pada kapal penangkap ikan. Adapun teritorial pekerjaan yang akan digeluti oleh para lulusan pemegang sertifikat ATKAPIN II dapat berada di dalam negeri maupun di luar negeri misalnya dominasi di negara Jepang, Korea, Taiwan, dan Amerika Latin.

Selanjutnya pada jurusan atau Kompetensi keahlian: Nautika Kapal Niaga (NKN) merupakan turunan dari Program Keahlian; Pelayaran Kapal Niaga merupakan jurusan yang khusus mencetak perwira menengah bidang kapal niaga seperti kapal cargo, kapal kontainer/peti kemas, kapal tanker, kapal penumpang dan kapal niaga lainnya. Khusus jurusan NKN ini sekolah masih menunggu approval oleh Kementrian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen hubla) untuk pemegang sertifikat Ahli Nautika Tingkat (ANT) IV.

Selain memperoleh ijasah SMK dari Kemediknas, para lulusan SMK Negeri 1 Palabuhanratu untuk jurusan NKNI akan memperoleh sertifikat keahlian ANT IV apabila sudah approval, sertifikat profesi Basic Safety Training (BST) dan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). Apabila sekolah masih belum mendapatkan approval, maka para lulusan tidak akan dapat memperoleh sertifikat ANT IV.

PERTANYAAN YANG SERING MUNCUL

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan secara formal dan nonformal bidang Kejuruan Kelautan dan Perikanan dengan menggunakan Kurikulum yang mengacu pada  Standar Kompetensi Kerja Nasional dan secara bertahap mengadopsi dan atau mengadaptasi Standar Kompetensi Kerja Internasional seperti IMO (International Maritime Organisation) untuk bidang-bidang pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan.
  2. Menjadi lembaga Pendidikan dan Pelatihan yang mampu memberikan pelayanan dan bimbingan kepada peserta didik secara optimal, yang didukung oleh ketersediaan sumberdaya sesuai persyaratan yang dibutuhkan.
  3. Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan untuk semua Program Studi Keahlian yang ada dalam semua Program Studi Keahlian menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan belajar di lini produksi .
  4. Mengembangkan SMK Negeri 1 Palabuhanratu menjadi Pusat pendidikan dan pelatihan yang selalu up to date dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta tuntutan masyarakat.

Beberapa aktivitas yang telah dilaksanakan antara lain berupa :

  1. Menyelenggarakan program diklat sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 semua Program Studi Keahlian;
  2. Melaksanakan Cetificate of Competency (COC) & Cetificate of Proveciency (COP);
  3. Mengembangkan bahan ajar yang diperlukan dalam kegiatan Diklat;
  4. Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan;
  5. Mengembangkan dan meningkatkan fasilitas pendidikan;
  6. Melaksanakan kerja sama dengan DU/DI serta lembaga pemerintah yang relevan dalam bentuk Praktik Kerja Industri (Prakerin) dan out sourching.
  7. Memaksimalkan penggunaan Teknologi Informasi pada kegiatan pembelajaran

Adapun kebijakan mutu SMK Negeri 1 Palabuhanratu adalah :

  1. SMK Negeri 1 Palabuhanratu berkehendak dan berkeinginian untuk memberikan kontribusi penyediaan tenaga menengah profesional pada dunia kelautan dan pelayaran yang berstandar internasional.
  2. SMK Negeri 1 Palabuhanratu berkehendak dan berkeinginian untuk memberikan kontribusi dalam menjaga laut dari pencemaran dan polusi secara sustainable.
  3. SMK Negeri 1 Palabuhanratu berkehendak dan berkeinginian untuk mengimplementasikan segala peraturan yang berkaitan dengan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2008 serta tunduk pada semua regulasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, PEMDA dan regulasi internasional khususnya IMO.
Sedangkan para lulusan dari SMK Negrei 1 Palabuhanratu telah banyak bergabung pada perusahaan dalam maupun luar negeri diantaranya:
  1. PT. Agaru Jaya (Jepang)
  2. PT. Budi Agung Binatara (Jepang)
  3. PT. Harini Duta Ayu (Jepang)
  4. Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat (Jepang)
  5. PT. Rafa Global Marine (Jakarta)
  6. PT. Mariana Pratama (Jepang)
  7. PT. Satya Berdikari Nusantara (Taiwan)
  8. PT. Nurwira Cahaya (Korea)
  9. PT. Wira Kreasi Usaha (Korea)
  10. PT. Mahkota (Korea)
  11. PT. Marindo Jaya Abadi (Korea)
  12. PT. Mitra Samudra Cakti (Korea)
  13. PT. Indonesia Technologi Power (Jepang)
  14. PT. Geoservis (Batubara – Kalimantan)
  15. PT. Okishin (Flores)
  16. PT. Dwi Bina Utama (Sorong)
  17. PT. Alfa Kurnia (Sorong)
  18. PT. Thalindo Arumina Jaya (Ambon)
dan perusahaan perikanan didalam dan luar negeri lainnya.  Serta lulusan SMK Negeri 1 Palabuhanratu dapat melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Kategori : (A) Amat Baik
Nomor Sertifikat Akreditasi : 02.00/330/BAP-SM/XI/2017 
Penerbit SK Akreditasi : Badan Akreditasi Sekolah / Madrasah.
Tahun Berdiri :  479 TAHUN 2002

Kegiatan Belajar Mengajar : Pagi Hari

Jumlah Ruang Kelas : 19 Ruang

NPSN : 20253660

Status : Negeri

Bentuk Pendidikan : SMK

Status Kepemilikan : Pemerintah Daerah

SK Pendirian Sekolah : 479 TAHUN 2002

Tanggal SK Pendirian : 2002-08-29

SK Izin Operasional : 497 TAHUN 2002

Tanggal SK Izin Operasional : 2002-08-29

Keunggulan Sekolah dalam Bidang Akademik maupun Non Akademik :
 
SMK Negeri 1 Palabuhanratu telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN), dan telah lulus sertifikasi ISO 9001:2008. Lulusan SMK Negeri 1 Palabuhanratu telah banyak diserap oleh perusahaan asing baik Jepang, Korea, Taiwan, Malaysia, serta perusahaan dalam negeri dan dapat melanjutkan kesemua perguruan tinggi perikanan (mendapatkan beasiswa bidikmisi). SMKN 1 Pal.ratu juga telah bekerja sama dengan Universitas Lambung Mangkurat (Kalimantan Barat).
Taruna/taruni yang melaksanakan prakrein tersebar dibeberapa wilayah :
  • Pelabuhanratu
  • Sukabumi
  • Bogor
  • Jakarta
  • Bali
  • Semarang
  • Surabaya
  • Balikpapan
  • Juwana
  • Merauke

PENERIMAAN TARUNA DAN TARUNI

Persyaratan yang harus dilengkapi saat pendaftaran

CONTACT

SMKN 1 PALABUHANRATU
Jl. H. Anwari Km.1,5 Blok Tenjo Resmi
Kp. Gunung Butak RT.04 RW.10
Desa Citepus – Palabuhanratu Sukabumi -Indonesia – 43364
0266-6446896